Sering kita merasa bangga ketika nilai TOEFL atauTest Of English as a Foreign Languagekemampuan berbahasa Inggris tinggi. Namun, tahukah Anda berapa nilai UKBI (Uji Keterampilan Berbahas Indonesia) ?

   Uji Keterampilan Berbahasa Indonesia adalah salah satu langkah untuk menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara di tengah derasnya pengaruh akan penggunaan bahasa asing oleh warga Negara Indoneisa sendiri. Begitu pentingnya mengukur kemampuan

berbahasa Indonesia baik untuk mahasiswa, dosen serta guru, Kantor Pusat Bahasa Kalimantan Timur bekerja sama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan untuk klesekian kalinya mengadakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di kampus Universitas Balikpapan, Jumat s/d sabtu (19 s/d 20/08/2016). “UKBI merupakan salah satu bentuk memartabatkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara Indonesia di tengah derasnya pengaruh bahasa asing” kata Ketua Kantor Bahasa Kalimantan Timur.

Dr.Casmudi, S.Pd.,MM yang merupakan Dekan FKIP Universitas Balikpapan menuturkan bahwa kendala yang sering terjadi ketika mahasiswa atau dosen dalam menyusun atau mengevaluasi hasil karya tulis ilmiah adalah dari aspek kebahsaannya. “Kendala kami ketika sedang menghadapi hasil karya tulis mahasiswa berupa skripsi atau tugas akhir adalah ketiga berdebat masalah kaidah penulisan atau bahasa yang digunakan,” jelasnya. “Namun sekitar 2 tahun terakhir ini kami tidak lagi menghadapi hal seperti itu, ini dikarena hampir semua dosendan mahasiswa kami telah lulus tes UKBI dan telah mendapat Ijazah UKBI .

Kegiatan UKBI yang dilaksanakan di gedung teleconference Universitas Balikpapan ini berlangsung selama dua hari diikuti oleh 46 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen FKIP Universitas Balikpapan ditambah beberapa dosen dari Fakultas Industri dan Perencanaan Universitas Balikpapan.