Hari ini tanggal 31 Januari 2017, tepat jam 09.00 wita, bertempat di Lt.2 Teleconference Room Gedung Serbaguna, diadakan rapat Penyusunan Borang Akreditasi Perguruan Tinggi, yang dipimpin oleh Rektor UNIBA Dr. Piatur Pangaribuan, A.Md., S.H., M.H., C.L.A. didampingi oleh pembantu Rektor 1 Dr. Casmudi, S.Pd., M.M.  dan Ketua BPM  Hendro Nugroho, S.H., M.H. Rapat diiukuti  semua tim yang telah ditunjuk sesuai dengan SK  Rektor Nomor SKEP/03/UNIBA/I/2017.

Agenda rapat hari ini adalah untuk menyamakan semua persepsi tentang borang Institusi Perguruan Tinggi (IPT),  sehingga semua tim bisa memahami apa yang menjadi target  UNIBA dalam reakreditasi Institusi yang diharapkan pengerjaannya akan segera dilakukan sehingga pada tanggal 04 Maret 2017 tim kembali  akan bertemu dengan Dr. Angkasa sebagai konsultan ataupun tim pengarah teknis untuk dapat lebih mengarahkan tim dalam mengerjakan tupoksi masing-masing. Dengan demikian nantinya semua tim yang terlibat pada Borang IPT Uniba akan memamahi  masing-masing standar yang menjadi job desc nya.  Informasi yang diperoleh oleh Dr. Casmudi, S.Pd., M.M. PR 1 yaitu surat edaran lewat Internet  Universitas Pasundan yang telah bekerjasama dengan Uniba, bahwa terhitung bulan Juli 2017, Akreditasi Perguruan tinggi akan berbasis  SAPTO ( Sistem Akreditasi Berbasis Online). Selanjutnya Rektor Dr. Piatur Pangaribuan, A.Md., S.H., M.H., C.L.A. menekankan akan pentingnya pemahaman system ini sebab  masa transisi suatu system akan menemukan beberapa kendala,

untuk itu diharapkan agar tim penyusuan borang institusi ini dapat bekerja se efisien dan se efektif mungkin dengan harapan reakreditasi Institusi UNIBA  bisa dilaksanakan pada bulan Maret atau April sebelum SAPTO diberlakukan.  Kalau hal ini dapat dilakukan maka diharapkan Visitasi Borang  Institusi dapat dilaksanakan pada  bulan Mei atau Juni 2017. Diminta kepada ICT memastikan bahwa semua dokumen bisa diaktifkan dengan memakai  e-mail, hal ini  untuk memudahkan komunikasi antar tim dan masalah IT harus segera di eksekusi. Sementara dari BPM,  Hendro Nugroho, S.H., M.H. mengatakan semua yang telah di design per standar akan lebih cepat dirampungkan sebab data yang diperlukan sudah ada pada Borang semua prodi, misalnya seperti data-data dosen, dll  dan agar tim sudah mulai  men-scan dokumen-dokumen yang diperlukan di setiap standar kemudian diakumulasikan. Tentang Visi Misi Uniba, yaitu, Unggul Mandiri dan Berbudaya  harus diselaraskan dengan visi misi Fakultas dan harus juga disosialisasikan  kepada Mahasiswa dengan memberikan reward bagi yang bisa menjawab dengan benar apa Visi dan Misi Uniba. Rektor selanjutnya  menambahkan bahwa dinamika perubahan-perubahan yang ada di BAN PT harus selalu diantisipasi,  sebagaimana disebutkan diatas bahwa pada tanggal 04 Februari  kita akan bertemu dengan Dr. Angkasa, yang akan membahas file Borang yang kita perlukan dan ICT akan mengkompilasi semua isi standar termasuk dokumen Statuta, Renstra dan Renop harus link. Demikian juga kerjasama dalam dan  luar negeri harus disiapkan dengan seksama.

Demikian rapat penyusunan borang institusi akreditasi Perguruan Tinggi Universitas Balikpapan, yang ditutup oleh bapak Rektor Dr. Piatur Pangaribuan, A.Md., S.H., M.H., C.L.A. pada jam 10.30. wita.