Dr.H.Sugianto,MM merupakan anak ke-5 dari 5 bersaudara yang lahir di desa Jamintoro,Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember pada tanggal 07 Maret 1962. SD Kaliglagah sebagai sekolah pertamanya yang lulus pada tahun 1974, melanjutkan ke SMP Bhima Tanggul, lulus pada tahun 1977 dan SMA FIP Tanggul lulus tahun 1981. yang aktif di bidang organisasi Pelajar Islam Indonesia(PII) melanjutkan studinya ke Diploma 1 Universitas Negeri Jember dengan ikatan dinas lulus tahun 1982,sempat mengajar sebagai guru tidak tetap di SMP Negeri 3 Tanggul-Jember tahun pelajaran 1982/1983.Alhamdulillah Surat Keputusan(SK) sebagai CPNS terhitung tanggal 1 Januari 1983 ditugaskan sebagai guru di SMP Negeri 2 Balikpapan. Pendidikan S1 diperolehnya pada IKIP PGRI Samarinda yang lulus pada tahun 1992.

Alumni Sarjana Strata 2 yang diselesaikan tahun 2004 pada Universitas Jendral Soedirman Purwokerto ini punya banyak pengalaman dalam memimpin sekolah negeri maupun swasta. Diawali pada tahun 1986 sebagai wakil kepala SMP YPI Balikpapan  dan terhitung tahun 1987 hingga 1999 dipercaya sebagai kepala SMP YPI. Tahun 1998 mendapat predikat Guru Teladan I tingkat Provensi Kalimantan Timur, dan tahun 2000 masuk seleksi 5 besar guru Teladan Tingkat Nasional Alhamdulillah tahun 2001 diikut sertakan sebagai peserta kajian wisata ke Jepang/Jepang Fondation. Penulis yang sejak tahun 1996 s.d. 1999 aktif sebagai Instruktur IPS Provinsi Kalimantan Timuri, dari tahun 1996 aktif membina kegiatan MGMP IPS SMP/M.Ts. se-Kota Balikpapan hingga sekarang.

Karirnya berlanjut dengan diangkatnya sebagai kepala SMP Negeri 18 Balikpapan pada tahun 1999 hingga September tahun 2006, dan  memimpin SMP Negeri 10 Balikpapan terhitung mulai 21 September 2006 s.d. Mei 2011. Dari sekolah ini pada tahun 2007 ikut lomba Kepala Sekolah berprestasi dan berhasil sebaga Kepala Sekolah berprestasi I SMP/M.Ts. tingkat Kota Balikpapan dan Alhamdulillah penulis di tahun yang sama mendapat penghargaan sebagai Kepala Sekolah Berprestasi II Tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Penulis juga menjabat sebagai Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMP/Mts Negeri dan Swasta Kota Balikpapan sejak tahun 2005 s.d. 2009.

Saat ini bekerja sebagai Pengawas Dinas Pendidikan Balikpapan, yang menghantarkanya meraih Pengawas Berprestasi I di Tingkat Kota, dan Pengawas SMP Berprestasi II Tingkat Propinsi Kalimantan Timur pada tahun 2015. Disela kesibukannya mulai tahu 2008 pada malam hari mengajar di Universitas Balikpapan,dan terhitung mulai tanggal 29 Agustus 2016 di beri amanah oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur-YAPENTI DWK sebagai Dekan FKIP UNIBA. Penulis aktif pada kegiatan organisasi. Hal ini terbukti pada saat di bangku SMA penulis aktif sebagai pengurus pada organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII) dan aktif sebagai pelatih Pramuka. Jabatan ketua PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) Kota Balikpapan diembannya di periode 2000 - 2005. Tahun 2006 sampai 2016 menjadi

Ketua Komisi Islamiyah dan Dakwah MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Balikpapan, dan terhitung mulai tanggal 15 Agustus diberi amanah sebagai Ketua MUI Kota Balikpapan yang membidangi Komisi Ukhuwah Islamiyah, Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam dan Seni Budaya Islam, Dua periode 2006 s.d. 2014 menjadi Wakil Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kota Balikpapan. Sekretaris Dewan Syariah DKM Masjid Istiqamah Pertamina Balikpapan sejak tahun 2006 sampai sekarang, disamping itu juga sebagai Ketua Ma’had Tahfidz Al Quran di masjid Istiqamah Pertamina Balikpapan. Mulai tahun 2003 sampai sekarang sebagai Kasi Pendidikan sekaligus Asatid dengan materi Pendidikan Akhlak dan manasik haji pada Pondok Pesantren Kulliyatul Muballighin Balikpapa.dan sejak tahun 2012 s.d sekrang sebagai ketua KBIH Yayasn Ar-Rahman kaltim di Balikpapan..

Penulis yang  tinggal di Balikpapan ini mempunyai tiga putra dan satu putri yakni Egin Aliefiansyah Diniy, ST., Antis Rizqiyyah Raihan Diniy, S.Pd., Elgi Zulfakar Diniy dan Ganis Arifiansyah Diniy dari istri Hj. Elis Asnafiah, S.Pd. M.Pd yang dinikahinya tanggal 14 Desember tahun 1986. Dari pekerjaan yang ditekuninya, terhitung mulai tahun 2012 di jajaran Dinas Pendidikan, sebagai wakil ketua Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia (APSI) sampai dengan

sekarang.Semangat untuk meningkatkan kwalitas pendidikan  di Kota Balikpapan, keinginann kuliah Program Doktor dimulai tahun 2008, kerjasama Universitas Balikpapan (UNIBA) dengan Universitas Selangor Malaysia hanya bertahan satu semester, karena adanya kebijaksanaan yang dirasa berat untuk di lanjutkan, sehingga menghimpun Kawan sejawat dan sahabat seperjuangan untuk terus kuliah S3 dengan melamar/mengajukan permohonan ke beberapa perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta, akan tetapi selama kurun waktu satu tahun berjalan tidak sedikit kendala yang menghambatnya.Alhamdulillah pada akhir tahun 2009 salah seorang sahabat “Pak Casmudi” bertemu dengan Rektor UNINUS, Direktor PPs Uninus dan Ka.Program Studi S3 untuk masuk kuliah, maka dengan perjalanan panjang dan ikhtiyar, atas ijin Allah SWT.insya Allah tahun 2016 ini menjadi momentum dan tonggak sejarah bagi penulis dan keluarga untuk bisa selesai dan lulus S3 dengan gelar Doktor.