Pelepasan PLP yang dilakukan di Coonferenceroom Universitas Balikpapan pada tanggal 31 Agustus 2019 . PLP ini dilakukan sebagaimana untuk mahasiswa/i Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan ketika akan terjun langsung kelak di sekolah sudah bisa tahu bagaimana keadaan di sekolah. Sebelum diadakannya PLP ini, telah diadakan pembekalan beberapa hari untuk para mahasiswa menghadapi keadaan di sekolah. Selama pembekalan para mahasiswa akan mendapatkan materi micro teaching atau pengajaran oleh guru-guru yang telah menjadi mitra dengan FKIP Uniba. Adapun beberapa sekolah yang telah menjadi tempat PLP mahasiswa FKIP Uniba yaitu SMAN 3, SMAN 6, SMAN 7 dan SMAN 8 Balikpapan, SMA Patra Dharma Balikpapan, Madrasah Aliyah Asyifah Balikpapan dan ada juga diluar Balikpapan yaitu SMAN 1 Samboja, SMAN 3 PPU, SMK Muhammadiyah Long Ikis Paser dan SMAN 1 Long Ikis Paser.

 

        

Berangkat dari rasa peduli terhadap Bahasa Inggris yang tidak diajarkan pada jenjang sekolah dasar. Dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut dengan memberikan pembelajaran Bahasa Inggris berupa pengenalan kosakata Bahasa Inggris bertema lingkungan sekolah kepada siswa-siswi SD Negeri 012 Balikpapan Barat, Jumat 28 Juni 2019. Tujuan dari kegiatan ini pengabdian seperti ini merupakan upaya bersama dalam menanggulangi dan meningkatkan kualitas pendidikan.  Tak hanya itu,pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan Bahasa Inggris tidak menjadi hal asing bagi adik-adik yang ada di Sekolah Dasar karena dalam jenjang berikutnya Bahasa Inggris akan digunakan.

    

Ketua MUI bidang Dakwah dan ukhuwah Islamiyah DR. H. Sugianto, MM yang juga Dekan FKIP UNIBA memeberi tauziah tentang “Larangan Menerima Pemberian dari Pihak-pihak berpekara di Luar yang telah ditentukan” kepada : para hakim,para pejabat struktural dan staff pegawai Pengadilan Negri Balikpapan. didampingi KPN “ I. Ketut Tirta, SH, MH”, WKPN “ HJ. Tenri Muslinda, SH, MH “

Berdasarkan Syariat Islam perilaku suap menyuap adalah sangat tercela, karena Islam sangat memperhatikan keselamatan harta seseorang serta mengantisipasinya supaya tidak berpindah tangan secara tidak sah, sebagaimana halnya kasus suap menyuap dengan harapan penerima suap – pejabat/hakim dapat menuruti kehendak penyuap.

Secara tegas Islam mengharamkan umatnya menempuh jalan suap. Lihat Qs. 2:188 “ Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebagian darpada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui". Juga hadist Nabi Muhammad Saw “ Rasullah Saw. Melaknat orang yang menyuap dan orang yang disuap “ ( HR. Tarwidzi)

 

Kunjungan FKIP UNiBA dipimpin langsung oleh Dekan FKIP, DR. H. Sugianto Spd, Mpd, Wakil Dekan, para Kaprodi di FKIP dan sejumlah dosen ke Pondok Pesantren Modern Al Munawwarah di KM 11 Krg Joang. Pondok ini didirikan oleh Bapak Rendy Susiswo Ismail l, SE,SH,MH bersama ustadz Buhari Tamam beberapa tahun yang lalu. Saat ini PP Al Munawarah  telah berjalan kegiatan PAUD IT, SDIT dan tahfidz Al Qur'an. Kunjungan teman2 dari FKIP Uniba adalah dlm rangka kerjasama untuk pengembangan perguruan2 yang akan dikelola PP Al Munawwarah, sekaligus menjadikan LEMDIKDASMEN di PP Al Munawwarah ini sebagai LAB SCHOOL nya FKIP UNIBA.

Kunjungan kali ini juga berkaitan dengan rencana pendirian SMP IT dan SMA IT. Dalam mendukung kegiatan belajar dan terjaganya prosesnya benar2 berkualitas, maka kampus PP Al Munawwarah ini akan di lengkapi sarana prasarana penunjang yang memadai, dan guru2 yang profesional di bidang studinya, serta penggunaan 2 bahasa asing. dari 3 bahasa asing  yang wajib dikuasai oleh siswa, yakni bahasa arab, inggris dan Mandarin.

Tepat pada 11 Ramadhan, Fkip Uniba mengadakan seminar pendidikan dengan tema "Pendidikan dan Upaya Menjaga Nilai Akhlak di Era Revolusi Industri 4.0" ini digelar di Conference Room Uniba dengan mengahadirkan narasumber Prof. Dr. H. Dedi Mulyasana, M.pd. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor I Uniba,Dekan,Wakil Dekan,Ketua Program Studi,dosen Fkip Uniba,beberapa perwakilan Guru dari Sekolah di Balikpapan dan PPU dan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dari 3 Program Studi yang ada di FKIP yaitu Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Kamis (16/5)