Ketua MUI bidang Dakwah dan ukhuwah Islamiyah DR. H. Sugianto, MM yang juga Dekan FKIP UNIBA memeberi tauziah tentang “Larangan Menerima Pemberian dari Pihak-pihak berpekara di Luar yang telah ditentukan” kepada : para hakim,para pejabat struktural dan staff pegawai Pengadilan Negri Balikpapan. didampingi KPN “ I. Ketut Tirta, SH, MH”, WKPN “ HJ. Tenri Muslinda, SH, MH “

Berdasarkan Syariat Islam perilaku suap menyuap adalah sangat tercela, karena Islam sangat memperhatikan keselamatan harta seseorang serta mengantisipasinya supaya tidak berpindah tangan secara tidak sah, sebagaimana halnya kasus suap menyuap dengan harapan penerima suap – pejabat/hakim dapat menuruti kehendak penyuap.

Secara tegas Islam mengharamkan umatnya menempuh jalan suap. Lihat Qs. 2:188 “ Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebagian darpada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui". Juga hadist Nabi Muhammad Saw “ Rasullah Saw. Melaknat orang yang menyuap dan orang yang disuap “ ( HR. Tarwidzi)